KECEPATAN JARINGAN (Kursus Komputer Jogja)

Kecepatan Jaringan

Kecepatan Jaringan

KECEPATAN JARINGAN

Kecepatan Jaringan Komputer Lokal

Teknologi Jaringan Komputer Lokal berkembang dengan pesat dewasa ini sehingga secara umum Jaringan ini dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori berdasarkan kecepatan transmisi datanya, yaitu :

  • Low speed PC Network
    Kecepatan transmisi data lebih kecil dari 1 Mbps. Biasanya diterapkan untuk percobaan dilaboratorium.
  • Medium Speed Network
    Kecepatan transmisi data antara 1-20 Mbps. Biasanya diterapkan untuk lingkungan perkantoran dengan skala kecil sampai menengah.
  • High Speed Network
    Kecepatan transmisi data pada High Speed Network mencapai lebih dari 20 Mbps. Biasanya diterapkan untuk lingkungan perkantoran dengan skala besar yang menempati area gedung bertingkat atau kawasan. Data yang ditransmisikan tidak hanya berupa teks tetapi juga data grafis.
  • Super High Speed Network
    Kecepatan data mencapai 1 GBps. Digunakan untuk mendukung transmisi data dilingkungan perkantoran berskala besar dan data yang ditransmisikan meliputi data grafis, audio, dan video.

Baca Juga Protokol Jaringan.

Jenis Transmisi

Jenis transmisi sinyal data atau informasi dalam suatu media komunikasi dapat dikelompokan menjadi 2 model, yaitu transmisi paralel dan transmisi serial.

  • Transmisi Paralel
    Pada transmisi paralel, satu konektor yang terdiri dari tujuh atau delapan bit (ASCII) ditransmisikan secara serentak setiap saat. Pengiriman dengan model paralel memiliki kecepatan yang tinggi, karena setiap saat yang ditransmisikan secara paralel adalah bit-bit yang mewakili satu karakter. Komunikasi paralel biasanya digunakan untuk komunikasi jarak dekat, biasanya transmisi jenis ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari komputer ke printer.
  • Transmisi Serial
    Pengiriman dengan model serial memiliki kecepatan yang lambat, karena masing-masing bit dari suatu karakter dikirimkan secara berurutan, yaitu bit per bit, dimana satu bit diikuti oleh bit berikutnya. Dalam sistem ini, penerima akan mengumpulkan sejumlah bit (untuk sistem ASCII = 8 bit) yang dikirimkan oleh pengirim untuk kemudian dirakit menjadi satu karakter. Meskipun kecepatannya lebih lambat namun transmisi serial paling banyak digunakan karena penggunaan kabel tunggal dinilai lebih murah, resiko kerusakan data saat transmisi rendah.

Metode Transmisi

Suatu jaringan juga dapat dibedakan berdasarkan metode transmisi yang digunakan dalam proses pengiriman data. Secara umum, metode transmisi yang digunakan adalah teknik pengiriman Baseband dan Broadband.

  • Teknik pengiriman baseband
    Pada metode ini data yang berupa sinyal digital langsung dikirim melalui media transmisi satu saluran, seperti kabel tanpa mengalami perubahan apapun. Dengan cara ini, maka jarak transmisi data tergantung pada kualitas media yang digunakan.
  • Teknik pengiriman broadband
    Metode ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal analog, maka data dalam bentuk sinyal digital harus dimodulasikan lebih dahulu menjadi sinyal analog.

Satuan Transmisi

Suatu aspek yang penting dalam komunikasi data adalah kecepatan pengiriman data lewat media transmisi. Faktor-faktor yang memegang peranan dalam menentukan kecepatan maksimum, antara lain :

  • Mutu jalur transmisi
  • Panjang sambungan
  • Sifat-sifat elektrikal
  • Jenis modem

Mutu jalur transmisi ditunjukan oleh bandwith-nya. Bandwith menunjukan ukuran kapasitas jalur transmisi yang dinyatakan dalam satuan:

  • Baud (Bd) : kecepatan modulasi
  • Bit per detik (bps) : kecepatan sinyal
  • Karakter per derik (cps) : kecepatan transmisi

Kecepatan modulasi berhubungan dengan lalu lintas dijalur transmisi. Kecepatan elemen informasi dalam jalur transmisi dinyatakan dalam baud (elemen per detik). Satu elemen menyatakan jumlah bit per detik yang dapat ditransmisikan dalam jalur transmisi.

Contoh perhitungan kecepatan transmisi :

  1. Sebuah terminal start/stop beroperasi dengan kecepatan sinyal yang relatif lambat, yaitu 110 bps.
    1. Berapa kecepatan modulasinya jika pada kecepatan kecepatan ini digunakan modem yang mentransmisikan setiap bit sebagai satu elemen.
    2. Berapa kecepatan transmisinya jika diketahui setiap karakter terdiri dari 11 bit.
  2. Suatu terminal sinkron memiliki kecepatan sinyal 2400 bps. Misalnya, diasumsikan lebar baud tidak sesuai untuk mempertahankan kecepatan ini. Oleh karena itu, digunakan modulasi yang menggabungkan dua bit menjadi satu elemen. Tentukan kecepatan modulasinya dan kecepatan transmisinya jika diketahui setiap karakter terdiri dari 8 bit.

Jadi jika kamu mencari tempat kursus komputer yang tepat untuk meningkatkan kemampuanmu, jangan bingung dan ragu untuk bergabung dengan LPK UNIGAMA yang merupakan tempat Kursus Komputer terbaik di Kota Yogyakarta.

Untuk INFO lebiih lengkapnya dapat mengunjungi website kami di PENDAFTARAN atau dapat menghubungi kami langsung di :

LPK UNIGAMA
Jl. Mayjend Bambang Sugeng No. 75 Yogyakarta.
Telp. (0274) 542630
SMS/Whatsaap/Line : 0838.670.40663

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s